Saturday, January 9, 2016

Pembukaan Rumah Baca Indonesia ke -25 di SD Filial Semokan Ruak, KLU

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Baik, pada Tanggal 28 November 2015 yang lalu telah berdiri Rumah Baca Indonesia ke -25 di SD Filial Semokan Ruak, Sukadana - KLU.

Rumah Baca ini berdiri atas bantuan dari Komunitas Kami Anak Bangsa (KKAB) yang berkantor pusat di Jakarta. KKAB memang memiliki concern yang luar biasa atas kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Terbukti dengan pelayanannya selama ini dan pembangunan Rumah Baca yang tersebar di seluruh Indonesia.

Proyek ini awalnya dimulai dari pembicaraan salah satu volsfare (volunteer share for care) dengan Mbak Ani Bertha yang seorang volunteer di KKAB. Dari pembicaraan ini Mbak Ani mengusulkan agar SFC mengajukan proposal pembangunan Rumah Baca ke KKAB.

Setelah melalui proses yang cukup lancar, akhirnya KKAB setuju agar pembangunan RBI ke-25 dibangun di SD Filial Semokan Ruak.

kisah selanjutnya dapat dibaca di postingan yang disalin dari web KKAB di bawah ini.

***
Semokan Ruak, 28 Nopember 2015 – KKAB meresmikan kembali Rumah Baca Indonesia  yang ke 25 kalinya di Lombok. Didukung oleh Share For Care Lombok serta One Sweet Day Crew. RBI kali ini bertempat di SD Filial Semokan Ruak, Desa Sukadana, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Pasca erupsi Gunung Rinjani, tak menyurutkan langkah KKAB untuk tetap meluruskan niat memberikan cakrawala luas kepada murid-murid di SD tersebut melalui buku-buku yang dibawa. KKAB ingin generasi penerus di sana tetap mendapatkan haknya akan pendidikan dan wawasan melalui buku berkualitas.
Jarak tempuh dari Kota Mataram ke lokasi RBI 25, dua jam perjalanan ditambah empat puluh lima menit dengan berjalan kaki. Karena medan yang sulit ditempuh. Anak-anak di sana setiap harinya berangkat ke sekolah harus menempuh jarak antara 2 sampai 4 kilometer. Tantangan yang berat jika musim hujan, sehingga anak-anak yang sekolah di sana tak dapat masuk setiap hari. Semangat mereka tak putus dan belajar menjadi tujuan utama. Maka, sesulit apa pun kondisi sekolahan, mereka tetap bisa menyiasatinya dengan cara belajar di rumah atau berkelompok. Jika hari tak hujan, semua murid nyaris tak ada yang absen.
IMG-20151129-WA0004(1)IMG-20151128-WA0014(1)
Sekolah yang berada di atas perbukitan ini memiliki jumlah siswa 94 orang dan hanya memiliki 3 ruangan kelas. Tentu saja dalam tahun ajaran baru memerlukan ruangan kelas yang baru lagi karena jumlah siswa akan bertambah. Jumlah penduduk yang tinggal di dusun tersebut ada 87 kepala keluarga yang 99 persen masih buta aksara. Karena dari 87 Kepala Keluarga tersebut hanya Ketua RT saja yang bisa baca tulis.
Kehadiran RBI 25 sangat disambut dengan gembira oleh masyarakat setempat, terutama semua murid di SD Semokan Ruak. Acara ini dihadiri oleh Tim Share For Care, Bpk.Mus Mulyadi, perwakilan Guru SD Semokan Ruak, Bpk. Murdi S.Pd, Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Bayan,  Bpk. Zaenal Abidin, Kepala Sekolah SDN 4 Sukadana, Kismaini S.Pd, Bendahara SDN 4 Sukadana, Bpk. Yusa’an S.Pd, Guru SDN 4 Sukadana, Bpk. Sarianom, Guru SD Filial Semokan Ruak dan Niwata, selaku tokoh masyarakat setempat.
IMG-20151128-WA0017(1)IMG-20151130-WA0039
Peresmian RBI 25 seperti biasa, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari kedua belah pihak, games untuk anak-anak serta pemberian motivasi. Lalu diakhiri dengan penandatanganan MoU RBI 25 oleh Bpk. Mus Mulyadi dari SD Semokan Ruak dan Listerini Situmeang dari Share For Care Community.
Keceriaan dan kehangatan di sana masih membekas dan masih menjadi PR penting bagi semua pihak untuk terus mendukung pendidikan di sana. Karena sumberdaya manusia dan infrastruktur untuk mencapai pemerataan pendidikan di sana masih sangat minim. Mari kita gerakkan semua agar tergugah untuk membantu sesama dalam upaya memajukan bangsa yang berkualitas.
Picture 1DSC_0127(1)
KKAB dengan tim One Sweet Day Crew (OSDC) menyumbang buku sebanyak 1429 buah dan uang sebesar 3 Juta Rupiah yang digunakan untuk biaya rak buku RBI ke-25. Kemudian sumbangan buku sebanyak 49 buah didapat dari perwakilan Tim Cepat Tanggap Komnas Perlindungan Anak di Bali. KKAB juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang yang telah mendukung berdirinya RBI 25 di SD Semokan Ruak Lombok Utara. Semoga segala kebaikannya mendapatkan balasan dari Yang Maha Kuasa dan apa yang didonasikan bermanfaat untuk masyarakat setempat.


***















No comments:

Post a Comment