Thursday, January 21, 2016

survey sekolah

sabtu kemarin, tim SFC bersama kakak-kakak dari Kelas Inspirasi (KI) Lombok melakukan survey di 2 sekolah yang rencananya salah satunya akan dilayani oleh SFC. 

SD pertama adalah SDN 03 Bukit Tinggi yang berada di Bukit Tinggi, Lombok Barat. Dan SDI di Kecinan, Malaka Lombok Utara.

Berikut catatan yang didapat dari survey atas kedua sekolah dasar tadi.

1. SDN 03 Bukit Tinggi. Sekolah dasar ini memiliki siswa kelas 1 s/d kelas 6 namun untuk ruang kelas hanya memiliki 4 ruang kelas. Bangunan fisik sekolah sudah permanen dan cukup bagus. Perhatian pemerintah pun cukup baik karena mayoritas guru adalah PNS dan hanya tersisa 3 guru yang masih honorer.


2. SDI Kecinan, Malaka. Sekolah dasar swasta ini dibangun secara swadaya oleh masyarakat. Sejarah awal sekolah ini hampir mirip SD Filial Semokan Ruak di KLU. Pada awalnya berdiri, murid-murid hanya belajar di berugak (pendopo). Namun setelah 4 tahun berdiri, sekolah ini sudah memiliki bangunan permanen. 2 ruang kelas dimana 1 ruang yang di-split menjadi 2 ruangan kecil dan ruang 1nya lagi yang masih semi permanen. ruangan kelas semi permanen ini belum tertutup oleh atap, jadi bagian atas hanya ditutup oleh tenda terpal. Karena baru berdiri 4 tahun, jadi hanya memiliki siswa kelas 1 s/d kelas 4 SD.
Untuk pengajar, para guru hanya "hidup" dari dana BOS (bantuan operasional sekolah) pemerintah.
Jumlahnya pun sangat memprihatinkan.







Nah, untuk selanjutnya Tim SFC akan berunding untuk menentukan SD mana yang akan dilayani. SFC akan berkomitmen kepada salah satu dari sekolah di atas untuk membantu baik itu bangunan fisik atau fun english class atau kontribusi apapun demi mensupport pendidikan di sekolah yang akan terpilih tersebut.

oh iya, terima kasih banyak untuk kakak-kakak dari kelas inspirasi lombok  :)   

 
  

No comments:

Post a Comment