Friday, February 7, 2014

Catatan Baksos di SD Filial Dusun Semokan Ruak, 12 Oktober 2013

Berikur adalah twit dari @ONOFFLombok mengenai alasan pemilihan lokasi dan social-media campaign untuk fundraising yang dilakukan sejak september 2013 s/d menjelang hari H:



  • Berawal dari jalan2 begerusuk/belusukan menyusuri pedalaman desa sukadana, kecamatan bayan, KLU
  • #1
  • Kami menemukan beberapa anak2 berpakaian sederhana dan tanpa mengenakan alas kaki 
  • #2
  • Dan kami sengaja mengikuti anak2 tersebut hingga ke suatu desa bernama 'semokan ruak' 
  • #3
  • Dan apa yang terjadi, kami menemukan SD Filial. Mereka belajar dalam keadaan serba terbatas 
  • #4
  • Dan beberapa dari kami memutuskan untuk mengajar mereka dgn modal pengetahuan yang kami punya.
  • #5
  • Tanpa sadar waktu beranjak sore. Kami memutuskan untuk menginap. Dan menemukan ini di malam hari

  • #6
  • Atas itu, kami ON|OFF Lombok beserta  mengajak teman2, genks dan komunitas lainnya untuk berpartisipasi dalam Kegiatan Baksos Komunitas Lombok  :)
  • #7
  • Kami akan membantu menyalurkan bantuan  Anda kepada yg membutuhkan disana, berupa : Donasi, Alat Tulis, Seragam Sekolah, Sepatu, Pakaian Layak Pakai, Poster Membaca Berhitung, dan Buku (Tulis, Bacaan & Pelajaran SD) dll...



****
Setelah gencar melakukan kampanye dan mengumpulkan donasi dari para donatur,  hari Sabtu 12 Oktober, pagi-pagi benar kami sudah berkumpul di depan kantor Samsat Mataram.

Setelah tim komplit, rombongan pun berangkat menuju desa sukadana kecamatan Bayan Lombok Utara. 

Perjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam sampai di desa sukadana. denagan track pada 15 menit terakhir cukup menantang. Gimana ngga menantang, karena jalan yang harus kami tempuh adalah jalan tanah berbatu-batu besar yang membuat kendaraan harus berhati-hati agar tidak tergelincir atau menghindari batu-batu menghantam gardan kendaraan.

Rupanya dari desa Sukadana kami harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Maklum saja, karena desa semokan ruak berada diatas bukit yang tidak mungkin kami datangi dengan kendaraan beroda empat. Akhirnya semua kendaraan kami parkir di pinggir jalan dan kami menurunkan semua logistik bantuan untuk kemudian diangkut dengan motor.


Untungnya beberapa warga semokan ruak yang memiliki motor sudah siap dan menunggu kami. Akhirnya bantuan logistik pun diangkut ke atas desa semokan ruak dengan menggunakan motor. Kami sendiri harus berjalan kaki menyusuri hutan dan jalan terjal hampir 40 menit untuk tiba di Desa Semokan Ruak.


Sesampainya di Desa Semokan Ruak, masyarakat sudah menunggu kami.


Rasanya sungguh terharu melihat sambutan yang begitu hangat dan akrab. 


***

Oh iya, dari donasi yang terkumpul, akhirnya tim dapat membebaskan/membelikan tanah seluas 2 are (200 meter persegi) untuk kemudian akan dibangun bangunan sederhana yang diperuntukkan menjadi SD Filial.

Warga sendiri bergotong-royong meratakan tanah dengan kontur miring menjadi datar, dan direncanakan akan didirikan bangunan ala-kadarnya dari bambu dan seng. bahkan para siswa pun ikutan membantu demi terbangunnya sekolah mereka kelak :")

Dari yang terlihat ketika kami tiba saat itu, nampak kerangka bangunan yang sudah berdiri dan tinggal dipasang seng saja.

***

Setelah saling memberi sambutan dan harapan, dari pihak ON OFF dan Book For Semeton, akhirnya diberikan bantuan pendidikan kepada SD Filial Semokan Ruak. 



***

Semoga bangunan sederhana ini bisa menjadi pemicu bagi pihak berwenang untuk menyentuh masyarakat Semokan Ruak sehingga semua orang mendapatkan pendidikan yang layak melalui pengajar, materi belajar-mengajar dan bangunan sekolah.

Semoga kelak anak-anak dari SD Semokan Ruak ini kelak tumbuh menjadi "lilin" kecil yang dapat menjadi suluh bagi keluarga dan memajukan daerah dimana mereka tinggal. 

Terima kasih untuk semua pihak yang berperan dan mendoakan Semoga Tuhan memberkati para volunteer dan donatur yang tergerak membantu kegiatan ini.


Sampai jumpa di baksos dan kegiatan #ShareForCare berikutnya

~ Karena Berbagi tak pernah rugi ~



***updated :
kondisi terakhir sekolah per tanggal 09/02/14



:)


No comments:

Post a Comment