Tuesday, February 11, 2014

Social Campaign and Fund Raising at Udayana Car-Free-Day 19/01/2014

Wow!!!

Tanpa terasa, kegiatan sosial bertajuk "Share For Care" sudah berjalan lebih dari 7 bulan.

Karena masih seumur jaging, kegiatan SFC ini gaungnya belum terlalu besar. Mungkin disebabkan "pergerakan" yang hanya via cyber alias social media dan melalui kampanye mouth-to-mouth. Efeknya tentu tidak terlalu besar untuk menggalang dana dan memberikan social-awareness bagi masyarakat di Lombok.

Oleh sebab itu, kami para volunteers merasa perlu untuk "memberitakan" komunitas SFC ini kepada masyarakat melalui kampanye yang lebih besar.

Dan setelah beberapa kali rapat diputuskan bahwa pada Tanggal 19 Januari 2014 akan diadakan Social Campaign and Fund Raising yang bertempat di Udayana, bertepatan dengan Car Free Day(CFD).

Pemilihan lokasi dan tempat di Udayana dan bertepatan dengan CFD tentunya mempertimbangkan bahwa minggu pagi di Udayana adalah tempat dimana biasanya para keluarga di sekitaran Mataram akan membawa anak-anak mereka.

Demi mensukseskan social campaign dan fund raising ini SFC pun bekerja sama dengan komunitas Earth Hour Mataram dan Terune Dedare Mataram.




***

Bertempat tak jauh dari taman yang berada di depan SMP6, tim SFC sudah berkumpul sejak subuh.

Kesibukan dimulai dengan menyusun sound system, menata lokasi dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Banner SFC dan Earth Hour, mading yang bercerita kegiatan SFC selama ini pun sudah berdiri.


Tepat jam 6.30 Wita. acara pun dimulai.

Dengan penampilan atraktif dan menghibur dari MC Goena dan Carlos, Tim SFC mengumpulkan perhatian para masyarakat yang ramai berlalu-lalang sambil jogging pagi itu.


Sambil mensosialisasikan komusitas SFC dan mengajak masyarakat untuk berbagi sedikit rejekinya untuk kemajuan dunia pendidikan di Lombok Jingle SFC "berbagi tak pernah rugi" pun diputar pertama kali di depan umum.



***
Untuk menarik massa, tim SFC menyediakan sudut kreasi dimana Miss Rini dan Miss Radhe -yang merupakan pengajar di kelas belajar Inggris gratis- akan mengajak adik-adik untuk berkreasi dengan prakarya yang sederhana. Seperti : Melukis dengan menggunakan telapak tangan, membuat pigura dengan bahan kertas karton dan lain-lain.

Tak disangka, antusias adik-adik yang kebetulan lewat cukup tinggi. Mereka pun langsung mendekati Miss Rini dan Miss Radhe. Seru!

Selain sudut kreasi, acara diramaikan oleh penampilan Kak Wawan yang merupakan pendongeng dengan boneka tangan.

Penampilan Kak Wawan yang muncul via "SFC TV" yang ramah lingkungan ini sangat-sangat menghibur dan menyedot perhatian anak-anak juga orang tua yang kebetulan lewat. Saking ramainya, sampai-sampai tim SFC kerepotan untuk mencari karpet untuk adik-adik yang ingin menyaksikan cerita kak wawan. Adik-adik pun khusyuk mendengar cerita kak wawan yang mengajarkan bahwa hidup itu harus berbagi, saling menolong. Sesuai dengan tajuk SFC yaitu "berbagi tak pernah rugi".


Sementara kak wawan bercerita, Tim EH Mataram, TD Mataram dan kakak-kakak volunteer SFC mencoba mengantarkan pesan sosial bahwa dunia pendidikan di Lombok masih sangat membutuhkan uluran tangan dari para donatur. Juga sangat membutuhkan sukarelawan/volunteer yang tergerak untuk mengajar. Tentunya Sambil mengkampanyekan gerakan "Earth Hour" untuk menjaga kelestarian alam dan bumi ini.

Di penghujung acara, adik-adik yang menyaksikan puppet-show dan belajar di sudut kreasi diberikan hadiah dan snack. Senangnya :D

***

Dana yang terkumpul dari hasil donasi para donatur akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kegiatan SFC demi memajukan dunia pendidikan di Lombok.

***

Terima kasih untuk segala pihak yang membantu terselenggaranya acara ini, semua pihak juga media yang juga membantu menyebarkan informasi mengenai kegiatan SFC, tentunya untuk semua donatur. Semoga Tuhan memberkati kita semua o:)

tetaplah berbagi....

~ karena berbagi tak pernah rugi ~



No comments:

Post a Comment